TUGAS 1 PENGANTAR TELEMATIKA
05.01
By
Unknown
0
komentar
TUGAS 1 PENGANTAR TELEMATIKA#
NAMA : VERI KURNIA PUTRA
NPM : 19113114
KELAS : 4KA27
(TELEMATIKA)
§ Pengertian Telematika
Kata telematika berasal dari istilah
dalam bahasa Perancis TELEMATIQUE berasal dari istilah dalam bahasa Perancis
“TELEMATIQUE” yang berarti bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan
teknologi informasi. Di dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Telematika.
Istilah telematika merujuk pada hakekat cyberspace sebagai suatu sistem
elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media
dan informatika. Istilah telematika dari segi hukum adalah perkembangan sistem
elektronik berbasis digital antara teknologi informasi dan media yang awalnya
masing – masing berkembang secara terpisah. Para praktisi menyatakan bahwa
TELEMATICS adalah singkatan dari TELECOMMUNICATION and INFORMATICS”
sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah
Telematics juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” yang lahir karena
perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi
telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan
istilah “konvergensi”. Semula Media masih belum menjadi bagian integral dari
isu konvergensi teknologi informasi dan komunikasi pada saat itu.
Belakangan baru disadari bahwa
penggunaan sistem komputer dan sistem komunikasi ternyata juga menghadirkan
Media Komunikasi baru. Lebih jauh lagi istilah TELEMATIKA kemudian merujuk pada
perkembangan konvergensi antara teknologi TELEKOMUNIKASI, MEDIA dan INFORMATIKA
yang semula masing-masing berkembang secara terpisah. Konvergensi TELEMATIKA
kemudian dipahami sebagai sistem elektronik berbasiskan teknologi digital atau
{the Net}. Dalam perkembangannya istilah Media dalam TELEMATIKA berkembang
menjadi wacana MULTIMEDIA. Hal ini sedikit membingungkan masyarakat, karena
istilah Multimedia semula hanya merujuk pada kemampuan sistem komputer untuk
mengolah informasi dalam berbagai medium. Adalah suatu ambiguitas jika istilah
TELEMATIKA dipahami sebagai akronim Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika.
Secara garis besar istilah Teknologi Informasi (TI), TELEMATIKA, MULTIMEDIA, maupun
Information as well as Communication Technologies (ICT) mungkin tidak jauh
berbeda maknanya, namun sebagai definisi sangat tergantung kepada lingkup dan
sudut pandang pengkajiannya.
Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan
Informatika. Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa
macam bidang, sebagai contoh adalah:
§ Integrasi antara sistem
telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan
Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih
spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan
penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
§ Secara umum, istilah telematika dipakai
juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global
Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi
komunikasi berpindah (mobile communication technology).
§ Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai
untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
§ Bidang
Ilmu yang mendasar dari Telematika
Telekomunikasi adalah
teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu tempat ke tempat lain.
Dalam kaitannya dengan ‘telekomunikasi’ bentuk komunikasi jarak jauh dapat
dibedakan atas tiga macam:
Informatika (Inggris:
Informatics) merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta
berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi serta
mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai
untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta
menampilkannya dalam bentuk informasi. Multimedia dan Informatika. Secara garis
besar istilah Teknologi Informasi (TI), telematika, multimedia, maupun
Information and Communication Technologies (ICT) mungkin tidak jauh berbeda
maknanya, namun sebagai definisi sangat tergantung kepada lingkup dan sudut
pandang pengkajiannya. Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika
yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information
and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang
berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan
menggunakan peralatan telekomunikasi.
§ Bidang
Yang Memanfaatkan Telematika
Ada berbagai macam bentuk
dari telematika yang telah berkembang di banyak bidang. Hal ini dapat
menyebabkan terjadinya “tumpang tindih” karena berbagai kegiatan kerja dapat
menggunakan telematika untuk menunjang kinerja dari usaha yang dilakukan.
Berbagai macam bentuk tersebut adalah :
•
E-Government
E-government digunakan
untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Contoh riil dari program
e-government ini adalah adanya badan yang secara khusus mengurus hal – hal
berkaitan dengan telematika yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesi (TKTI).
Tim ini bertugas untuk mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori kegiatan
dalam rangka meningkatkan perkembangan dan pendayagunaan telematika di
Indonesia. Salah satu target dari tim ini adalah pelaksanaan sistem pemerintahan
secara online dalam bentuk situs di internet. Sehingga dengan adanya situs ini,
pemerintah dapat menjalankan fungsinya via internet dan memberikan pelayanan
yang transparan serta mudah diakses oleh masyarakat luas.
•
E-Commerce
Prinsip dasar dari e-commerce
adalah proses jual beli yang dilakukan secara elektronik melalui internet.
Proses jual beli yang dimaksud meliputi pemasangan iklan, melakukan pemesanan
barang, melakukan pembayaran, sampai mengirim dokumen klaim. Karena e-commerce
dapat diakses secara luas di seluruh dunia, maka proses jual beli pun terasa
mudah sebab sudah tidak bergantung pada ruang dan waktu. Siapapun dapat membeli
barang yang dijual di negara manapun dan kapanpun.
•
E-Learning
E-learning merupakan contoh
dari berkembangnya dunia pendidikan dari cara konvensional (tatap muka di
kelas) ke cara yang lebih terbuka melalui internet. Hal ini dapat terjadi
karena adanya teknologi telematika yang dapat menghubungkan pengajar dengan
muridnya. Kegiatan seperti memberikan materi belajar, melakukan ujian, mengirim
tugas, mengecek nilai dapat dilakukan secara elektronik. Perkembangan
e-learning didukung dengan banyaknya web bernuansa pendidikan yang dibangun
sehingga memudahkan pengaksesan pendidikan oleh siapapun yang ingin belajar
tanpa dibatasi oleh umur dan gender. Selain 3 bentuk telematika diatas, masih
banyak lagi bentuk lainnya yang juga berkembang dengan pesat seperti e-research
dan e-medicine. Bentuk telematika yang bukan web dapat dilihat dari penggunaan
GPS, teleconference dan sistem 3G yang banyak dikembangkan pada telepon
selular.
§ Perangkat
yang dibutuhkan Dalam Telematika
Interface dalam telematika
meliputi banyak hal,salah satu nya adalah :
Perangkat Keras :
§
Video conference –> Layanan video conference merupakan layanan komunikasi
yang melibatkan video dan audio secara real time. Salah satu fitur yang
terdapat pada interface telematika seperti : Aplikasi Berbasis Web
(berteknologi internet) yang tidak perlu diinstall di setiap client dan bisa
jalan di sistem operasi apapun (Open System) dan juga bisa secara real time.
Teknologi yang digunakan untuk layanan video conference komersial pada awalnya
dikembangkan di atas platform ISDN (Integrated Switch Digital Network) dengan
standar H.320.
§ LCD
Proyektor,
§ Printer,
§ Ploter,
§ Scanner,
§ Digitizer.
Perangkat Lunak :
§ Aplikasi
Keselamatan dan Keamanan misalnya: SOS, Kontrol Jarak Jauh, Tracking Otomatis,
dll.
§ Aplikasi
navigasi : informasi Trafiki, Cuaca, GPS, dll.
§ Aplikasi
komunikasi : Handfree, SMS dan MMS, Video Call, dll
§ Hiburan
: Musik, Video, Game, dll.
§ Aplikasi
bidang kesehatan misalnya: Respon Kecelakaan, Rekam Medis, Manajemen Sumber
Daya, konsultasi Jarak jauh, dll.
§ Aplikasi
bidang pemerintahan : Layanan Kependudukan, Catatan Sipil, SIM, dll.
§ Aplikasi
Bidang pendidikan : E-Learning, Informasi Akademik, Pendaftaran Online, dll.
Sedangkan,Infrastruktur komunikasi untuk mendukung teknologi telematika antara
lain adalah jaringan seluler (HP), jaringan Satelit, jaringan Siaran Radio/TV,
jaringan Titik Akses dan lainnya.
Keuntungan dan Kerugian
dari Telematika
- - Keuntungan Telematika :
Manfaat telematika bagi
masyarakat antara lain: dunia pendidikan, asosiasi, para pengamat, industri itu
sendiri,
1. Manfaat internet dalam e-Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi
daam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan.
2. Manfaat internet dalam e-Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam
menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
3. Dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan secara nyata juga telah memberikan
nilah tambah bagi masyarakat luas.
4. Telematika cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai
dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan
teknologi Internet, maka Indonesia tak ketinggalan dalam booming perdagangan
elektronis / electronic commerce (e-commerce).
5. Pembangunan sektor Telematika diyakini akan memengaruhi perkembangan
sektor-sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh organisasi telekomunikasi
dunia, ITU, yang konsisten menyatakan bahwa dengan asumsi semua persyaratan
terpenuhi, penambahan investasi di sektor telekomunikasi sebesar 1% akan
mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3%. Hipotesis ini telah terbukti
kebenarannya di Jepang, Korea, Kanada, Australia, negara-negara Eropa,
Skandinavia, dan lainnya.
6. Sebagai core bisnis industry, perdagangan, efisensi dan peningkatan daya saing
perusahaan
- Kerugian
Telematika
1. Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya,
tindakan yang disebut carding, adalah cyber crime dengan cara mencuri data
kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga si pelaku carding (carder) dapat
menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
2. Penyebaran virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan
electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
3. Kejahatan Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh kejahatan
transnasional ini adalah human trafficking, penyelundupan orang, narkotika,
atau teroris internasional.
4. Kejahatan telematika merugikan individu,missal Lima orang hacker (penyusup)
yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 data kartu kredit milik orang
Rusia dan orang asing yang didapat dengan menyusup pada sistem komputer
beberapa internet retailer.
5. Kejahatan telematika merugikan perusahaan atau organisasi, Pada tahun 1995,
Julio Cesar Ardita, seorang mahasiswa dari Argentina berhasil menyusup dan
mengganti (cracking) data sistem yang ada di Fakultas Arts and Science
Universitas Harvard.
6. Kejahatan telematika merugikan Negara, misalnya: Serangan yang paling merugikan
adalah pengrusakan yang dilakukan olehhacker asing pada situs Kementrian
keuangan Romania pada tahun 1999, sehingga merugikan pemerintah Romania
milyaran dollar. Serangan ini dilakukan dengan mengganti besaran kurs mata uang
Romania sehingga banyak pembayar pajak online yang terkecoh dengan data yang
telah diganti tersebut.5 Hanya sayangnya, kejahatan ini tidak berlanjut ke
pengadilan karena tidak adanya hukum yang mengatur kejahatan telematika yang
bersifat transnasional.
SUMBER :
0 komentar: