Tugas 2 Pengantar Telematika
18.59
By
Unknown
0
komentar
NAMA KELOMPOK :
-
Anjar Nurcahyono ( 11113106 )
-
Irsan Trigunadi ( 14113057 )
-
Veri Kurnia Putra ( 19113114 )
Kelas : 4KA27
Layanan Informasi
Layanan telematika yang
pertama adalah layanan informasi. Pada layanan ini telematika menggabungkan
sistem komunikasi dengan kendaraan yang bergerak seperti mobil untuk menawarkan
layanan informasi yang disebut GPS, Layanan ini menyatukan sistem komunikasi
dengan kendaraan seperti mobil untuk memberikan informasi kepada masyarakat.
Contoh dari layanan
informasi tersebut adalah sebagai petunjuk jalan. Dan beberapa contoh lainnya
adalah :
a. M – Commerce
b. VOD
c. News and weather
d. Telematik Terminal
e. Jasa pelayanan internet
f. Informasi lalu lintas
terbaru
Layanan Keamanan
Layanan keamanan adalah
suatu yang sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak
mudah terhapus atau hilang. Sistem dari keamanan ini juga membantu untuk
mengamankan jaringan tanpa menghalangi penggunaannya dan menempatanya. Jika
ketika jaringan berhasil ditembus. Keamanan jaringan di sini adalah memberikan
peningkatan keamanan tertentu untuk jaringan serta untuk memantau dan
memberikan informasi jika sesuatu berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat
mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan. Seperti contohnya dengan
menggunakan Firewall dan juga anti virus yang ada.
Layanan Context Aware &
Event Base
Dalam ilmu komputer
terdapat pernyataan bahwa perangkat komputer mempunyai kepekaan dan dapat
bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan
tertentu yang tersimpan di dalamnya. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh
Schilit pada tahun 1994 dengan istilah context-awareness.
Context-awareness merupakan
kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan
parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta
memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks
yang dapat digunakan yaitu data dasar user, lokasi user, berbagai preferensi
user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Sebagai contoh : ketika
seorang user sedang mengadakan acara pesta ulang tahunnya, maka context-aware
pada mobile phone yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user
sedang mengadakan acara ulang tahun dan akan menolak semua panggilan telepon
yang tidak berkaitan dengan acara tersebut. Pada sekarang ini sangat dibutuhkan
suatu teknologi yang dapat memberikan kemudahan bagi user untuk mengakses
informasi setiap saat user membutuhkannya. Yang disebut context-aware computing
yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut dan akan menjadi trend yang penting
untuk dikembangkan kedepannya. Dengan adanya context aware, user tidak perlu
selalu memberikan input yang secara eksplisit untuk membuat komputer
menjalankan tugas-tugasnya.
Beberapa bagian dari
context awareness telah mulai dikembangkan. Misalnya LBS: location-based
service. Ketika user mencari keyword tertentu, maka user akan memperoleh hasil
yang dibutuhkan tergantung pada posisi user itu berada. Ini juga dapat
digabungkan dengan beberapa data dan informasi yang di inputkan dari user.
Sebagai contoh user tersebut mencari data lokasi dimana posisi keberadaan user
sekarang berada.
Layanan Perbaikan sumber
(Resource Discovery Service)
Layanan telematika yang
terakhir adalah layanan perbaikan sumber. Resource Discovery Service (RDS)
adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan layanan utilitas yang
diperlukan. The RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas
untuk mempercepat kecepatan penemuan.
Layanan perbaikan sumber
yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM
telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan
telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik,
dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan
masyarakat pada umunya. Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika
ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM
telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan
informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Kebutuhan akan SDM dapat
dilihat dari bidang ekonomi dan bidang politik, yaitu :
·
Dilihat dari bidang ekonomi
Pengembangan telematika
ditujukan untuk peningkatan kapasitas ekonomi, berupa peningkatan kapasitas
industry produk barang dan jasa.
·
Dilihat dari bidang politik
Bagaimana telematika
memberikan kontribusi pada pelayanan public sehingga menghasilkan dukungan
politik.
Dari kedua bidang tersebut
diatas kebutuhan terhadap telematika akan dilihat dari dua aspek, yaitu :
1.
Pengembangan peningkatan kapasitas industry.
2.
Pengembangan layana publik.
Sasaran utama dalam upaya
pengembangan SDM telematika yaitu sebagai berikut :
a)
Peningkatan kinerja layanan public yang memberikan akses yang luas terhadap
peningkatan kecerdasan masyarakat, pengembangan demokrasi dan transparasi
sebagai katalisator pembangaunan.
b) Literasi
masyarakat di bidang teknologi telematika yang terutama ditujukan kepada old
generator dan today generation sebagai peningkatan, dikemukakan oleh Tapscott.
Sumber :
0 komentar: