Sabtu, 04 Juni 2016

TUGAS 3 SoftSkill Bahasa Indonesia 2 ‘Resensi Novel & Usulan Rancangan Penelitian’.

TUGAS 3 SoftSkill Bahasa Indonesia 2 ‘Resensi Novel  & Usulan Rancangan Penelitian’.

Nama : Veri Kurnia Putra
Kelas  : 3KA27
Npm   : 19113114

-Anjar Nurcahyono
-Irsan Trigunadi
-Rahmad Sitohang
-Veri Kurnia Putra






 Judul Buku : Somewhere Only We Know
Penulis : Alexander Thian
Penerbit : Gagas Media
Cetakan Pertama 2015
Tebal : 338 halaman, paperback
ISBN : 979-780-830-0





Sinopsis Novel

Ini kisah tentang dua hati yang sama-sama merindukan kehangatan cinta. Tentang dua orang yang selalu berusaha mengartikan cinta, tetapi akhirnya mereka sadar bahwa cinta tak perlu diartikan.
Ririn dan Kenzo belajar dari rasa sakit, meskipun telah banyak kehilangan, mereka tetap memiliki harapan tentang cinta. Bahwa kita hanya perlu jatuh cinta untuk merasakan maknanya.Somewhere Only We Know juga mengisahkan tentang memaafkan masa lalu yang akan membawa kebahagiaan baru. Cinta itu ada, selalu ada, akan terus ada.


Karakter

Kenzo: seorang laki-laki yang memiliki wajah putih serta tampang orang jepang didapatkan  dari ibunya yang ngidam aktor orang jepang. Iseng terhadap kakaknya, kalem dan memiliki kelainan. Dan dia adik dari Ririn.

Ririn: karakter perempuan yang memiliki masa suram dalam asmara dan susah sekali move on dari mantan yang telah selingkuh. Korban keisengan dan kejahilan dari adiknya kenzo. Intinya dia orang yang ceria dan bahagia kecuali asmaranya.

Arik : karakter yang digambarkan tampan, keren, badan sixpack serta jago dalam mendongeng ini. Dia memiliki nama blog Silver Shadow yang di gemari oleh Ririn


Cerita Singkat Isi Novel

        Dimulai dari suatu hari ririn dan kenzo nonton film berdua. Orang-orang mikirnya kami berdua pacaran. Hii amit-amit. Tapi bukan tuduhan nggak senonoh—pacaran--- yang bikin gua malu. Saat ellie meninggal, si kenzo nangis dan mencubit lengan gua sampai biru. Dia nangis karena kepingin punya cinta kayak carl dan ellie.

        Karena kebawelan dan kecengan kenzo di dalam bioskop itulah, untuk kali pertamanya dalam hidup gua ditimpuk popcorn sama penonton dibelakang gua. Timpukan  yang diiringin dengan desisan marah,meminta kami untuk tutup mulut. gimana gua nggak malu punya adik kayak begitu?

       4 tahun telah berlalu, ririn kangen dengan adiknya yang telah bekerja di vietnam selama 4 tahun itu,  dan terakhir bertemu setelah menonton bioskop itu. Tiba-tiba ada yang membuka kamarnya dan berkata ”pasti kangen gua ya” leher gua hampir keseleo ketika menoleh dengan cepat kearah suara itu. Suara yang nggk asing lagi. Suara yang gua rindukan. Suara kenzo. Kedatangan kenzo yang secara mendadak itu juga yang tidak di ketahuinya bahwa sang kakak ririn akan pergi besoknya ke nusa lembongan.

      Ririn pergi ke nusa lembongan dengan perjalan kapal untuk berlibur sekaligus bertemu dengan blog idolanya Yaitu silver shadow, tidak ada yang tau nama aslinya atau seperti apa orangnya. Tiba-tiba kapalnya dihantam ombak yang tinggi sehingga dia terjatuh pada seorang pria. Dan ririn menamparnya, plakk!!. Dan seisi manusia di kapal memperhatikan mereka dengan kejadian itu. Tidak mau di perhatikan lagi akhirnya ririn melangkah pergi. Tidak berapa lama kapal pun tiba didaratan.


Kekurangan Isi Cerita Novelnya

alurnya cepat namun sedikit bertele-tele, beberapa kali saya kecolongan akan perpindahan alur flashback yang dipilih penulis sehingga saya perlu mengulangi membaca, bagian awal sangat terasa, ketika penulis mulai memecah cerita menjadi dua plot utama.

Kelebihannya

membangun Karakter dalam ririn dan kenzo sangat bagus dan keren sehingga dari kita baca jg bisa membedakan siapa yang sedang diceritain oleh penulis. Dan kisah lika likunya cukup baik.
 

Sekilas Tentang Penulis






seorang penulis, fotografer, traveler, dan tukang cerita yang punya hobi nyasar setiap kali dia melakukan perjalanan.
Sudah beberapa tahun belakangan, hobi nyasarnya malah digunakan sebagai kesempatan untuk memotret dan menemukan cerita-cerita unik. Somewhere Only We Know adalah buku fiksi pertamanya sekaligus buku solo keduanya. Saat ini alex juga sedang menulis the-not-so-amazing life of @aMrazing2.





PROPOSAL PERMOHONAN
BANTUAN BIAYA TUGAS AKHIR

A. LATAR BELAKANG
       Dalam GBHN ditegaskan bahwa hakekat pembangunan  nasional adalah pembangunan manusia indonesia seutuhnya. Keberhasilan pembangunan tidak lagi diukur dari segi ekonomi semata namun sejauh mana pembangunan itu bisa meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM). Karena itu investasi pada aspek manusia sebagai dasar pembangunan sangat didahulukan. Dengan dikeluarkannya UU No. 25 dan UU No. 22 tahun 1999 tentang otonomi daerah dan pembangunan keuangan pusat daerah, maka diharapkan untuk pembangunan daerah lebih memperhatikan prinsip pemerataan pendidikan serta memperhatikan sumber daya alam dan sumber daya manusia dan perlu mendapatkan pembinaan serta pengelolaan yang baik dan professional.
Berdasarkan realita dan alasan diatas, maka menjadi kewajiban bagi saya sebagai putra daerah untuk mengisi pembangunan dengan bekal pengetahuan yang didapat dari lembaga pendidikan. Oleh karena itu untuk menyelesaikan tugas akhir (skripsi) tidak lepas dan perlu mendapatkan perhatian dan bantuan dari pemerintah daerah sebagai konsekuensi pembangunan daerah dibidangcivil  engineering.
Seiring dengan visi Provinsi Kepualauan Riau yaitu menjadikan  Provinsi Kepulauan Riau sebagai salah satu pusat pertumbuhan perekonomian nasional dengan payung Budaya Melayu dan memiliki masyarakat yang sejahtera, cerdas dan berakhlak mulia, merupakan suatu kewajiban bagi pemerintah daerah khususnya pemerintah kabupaten bintan untuk bersama-sama mewujudkannya. Semua ini tidak terlepas dari salah satu  misi Provinsi Kepulauan Riau yaitu Menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku pembangunan yang unggul dan berakhlak mulia.



B. DASAR PEMIKIRAN
        Pendayagunaan pasir tailing bauksit  PT Aneka Tambang Unit Bisnis Pertambangan Bauksit (UPBP) Kijang dirasakan kurang optimal dikarenakan pemanfaatan yang ada  saat ini adalah sebagai bahan baku  batu bata (Skala kecil) dan pondasi jalan. Oleh karena kondisi ini maka saya sebagai putra daerah berinisiatif untuk melakukan penelitian terhadap pasir tailing bauksit sebagai pengganti agregat halus campuran beton  dikarenakan  mengandung unsur sillika (SiO2)  yang cukup tinggi (>13 %), sehingga diharapkan bisa digunakan untuk mendesain campuran beton dengan mutu yang lebih tinggi selain tingkat gradasi agregat yang baik  yang mempunyai pengaruh yang besar  terhadap kuat tekan beton.

C. TUJUAN
Adapun tujuan penelitian ini  adalah :
1. Untuk memperoleh gelar sarjana teknik  (ST) pada perguruan tinggi Universitas Riau
2. Membuat suatu penelitian tentang “Pendayagunaan Pasir Tailing Bauksit Sebagai Pengganti Agregat Halus Dalam Campuran Beton.
3. Menambah nilai tambah pada pemanfaatan pasir tailing bauksit PT Aneka Tambang Kijang pada khususnya.

D. JUDUL PENELITIAN
Adapun judul yang akan saya angkat adalah mengenai “Pendayagunaan Pasir Tailing Bauksit Sebagai Pengganti Agregat Halus  Dalam Campuran Beton”.

E. WAKTU DAN TEMPAT
        Untuk menyelesaikan tugas akhir (skripsi) ini, membutuhkan waktu 4 bulan,  (Januari-April tahun 2008).  Penelitian ini dilakukan meliputi  pemeriksaan  properties agregat halus dan agregat kasar sebagai unsur penyusun beton serta pengaruhnya terhadap kuat tekan dan rembesan air pada beton . Adapun lokasi penelitian ini dilakukan di laboratorium Teknologi  Bahan Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Riau.


F. PELAKSANA
Penyelesaian tugas akhir ini dilaksanakan secara pribadi, berikut identitas pelaksana :
Nama                           : EKO AHMADIN  KURNIAWAN
Tempat/ tanggal lahir : Kijang ,24 April 1985
NIM                            : 0310775
Perguruan Tinggi         : Universitas Riau
Fakultas                       : Teknik
Program Studi             : Teknik sipil (S1)
Alamat                        :Asrama Segantang Lada II, Jln Binawidya Panam      Pekanbaru(28293)
No handphone            : 081371278970

G. RINCIAN DANA
Untuk dapat menyelesaikan tugas akhir ini saya membutuhkan dana dari pihak Pemerintah Kabupaten Bintan dengan estimasi sebagai berikut :
RINCIAN DANA
PENYELESAIAN TUGAS AKHIR
I.       ALAT-ALAT UNTUK PENELITIAN
      1. Biaya pemakaian labor dan alat                                          Rp 600.000        

II.     BAHAN-BAHAN UNTUK PENELITIAN
1. Pengadaan bahan (Pasir normal , kerikil dan semen )         Rp. 350.000
2. Transportasi + pengadaan bahan (Tailing bauksit)              Rp. 600.000
   



III. BIAYA LAIN-LAIN
1  Printer                                                                                       Rp. 500.000
2. Biaya tak terduga (kegagalan percobaan)                                 Rp. 300.000,-
3. Biaya pembuatan laporan skripsi +fotokopi+ jilid                    Rp. 750.000,-
4. Biaya study dan pengadaan literatur (penelitian)                     Rp. 1.800.000,-
5. Transportasi                                                                               Rp. 200.000,-
                                                               
IV. REKAPITULASI DANA
1. ALAT-ALAT UNTUK PENELITIAN           Rp  600.000,-
2. BAHAN-BAHAN UNTUK PENELITIAN    Rp. 950.000,-
 3. BIAYA LAIN-LAIN                                         Rp3.550.000,-
                                                                                 Rp. 5.100.000,-
Terbilang : Lima Juta Seratus Ribu Rupiah.

H. LAMPIRAN
       Untuk memperkuat proposal permohonan ini, berikut saya lampirkan berupa indentititas dan data (Penunjang) demi kesempurnaan proposal permohonan bantuan biaya tugas akhir ini. Adapun data tersebuat antara lain :
1.      Fotokopi Transkrip nilai
2.      Fotokopi Kartu hasil studi semester terakhir
3.      Fotokopi akta kelahiran.
4.      Fotokopi kartu keluarga (KK)
5.      Surat keterangan aktif kuliah.
6.      Fotokopi kartu tanda mahasiswa
7.      Fotokopi Kartu tanda penduduk
8.      Proposal tugas akhir.



I.  PENUTUP
      Demikianlah proposal ini saya buat dengan  keadaan yang sesungguhnya dengan harapan kiranya bapak bisa  membantu saya dalam menunjang penyelesaian tugas akhir ini. Atas perhatian yang bapak berikan saya ucapakan terima kasih.


http://ekosujadi-bintan.blogspot.co.id/2011/04/contoh-proposal-bantuan-dana-penelitian.html?m=1

0 komentar: